RSS Feed
TOP

Jaksa yang Tolak Jaksa Agung dari Luar Kejaksaan Diminta Mundur

Selasa, 21 September 2010


Pendiri Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Adnan Buyung Nasution berharap calon pengganti Jaksa Agung Hendarman Supanji adalah orang dari luar Kejaksaan. Bila usulan itu ditentang kuat korps Adhyaksa, sebaiknya kejaksaan dibubarkan saja.

"Nanti jaksa agung orang luar dan orang jaksa tidak mau silakan mundur semua, kita bikin kejaksaan baru," kata Adnan usai sidang pembacaan nota keberatan dakwaan terdakwa Gayus Halomoan Partahanan Tambunan, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera, Senin (20/9/2010).

Dia mengamati, saat ini tidak ada calon Jaksa Agung dari internal kejaksaan yang memiliki prestasi menonjol. "Saya tidak melihat dari dalam tokoh yang menonjol, yang berprestasi yang bisa memimpin kejaksaan," ujarnya.

Selain itu, penolakan jaksa terhadap calon Jaksa Agung dari luar tidak masuk akal. "Kalau resistensi enggak ada alasan yang masuk akal. Kalau mereka bisa tunjukan jaksa agung yang bagus entah dari Jampidum atau Jam apalah terserah asal yang punya prestasi, kalau enggak ada buat apa pakai orang dalam," tuturnya.

Adnan mencontohkan Kejaksaan saat dipimpin Abdurahman Saleh memiliki track record positif dibandingkan saat kekuasaan dikembalikan kepada Hendarman Supanji.

"Ambil contoh Abdurahman Saleh diambil dari luar agak membaik, dikembalikan pada Hendarman Supanji melempem lagi," tutur kuasa hukum Gayus ini.

"Saya suka diambil orang luar, yang fresh, bersih, tidak ada kolusi dengan orang dalam. Dan juga jangan pengacara yang suka bermain di dalam seperti Haposan," selorohnya.**detiknews.com**

0 komentar:

Posting Komentar

Peta Google

Related Posts with Thumbnails